Batu Bata Kuno di Temukan Warga Di Sebelah Makam Sesepuh Desa Sambangan, Babat, Lamongan

132
- Advertisement ARTICLE TOP -banner-728

Lamongan,Kabardesaku.my.id – Warga dikejutkan dengan temuan tumpukan bata kuno, Tumpukan ini ditemukan saat menguruk makam sesepuh desa oleh Warga Desa Sambangan, Kecamatan Babat, Lamongan.

 

Salah satu warga Desa Sambangan, Tamyis mengatakan, “Tumpukan bata itu ditemukan saat melakukan pengerjaan menguruk makam leluhur desa, Ada 8 saksi mata warga desa disana saat itu.”

Saat itu di lokasi makam sesepuh desa, saat itu mendapati tumpukan Batu Bata Merah kuno itu,” ujar tamyis saat diwawancarai, minggu siang (12/9/2021).

ARTICLE INLINE ADbanner-728

Menurut Keterangan Tumpukan bata kuno itu ditemukan pada kedalaman sekitar satu meter, dan diperkirkan memiliki panjang sekitar 20-30 centimeter.

Menurut Tamyis yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sambangan, Kecamatan babat itu menyebut, tumpukan bata kuno itu ditemukan sekitar hari rabu (8/09/2021) sore jam 16.00 wib.

Pemerintah desa Sambangan juga telah melaporkan temuan itu ke Kecamatan Babat dan diteruskan ke dinas dan pihak aparat terkait.

Sulistyowati Kepala desa sambangan menerangkan pada awak media, “Pihak desa sudah dilaporkan kepada kecamatan, yang katanya sudah dapat atensi dari Pak Bupati dan Disparbud Lamongan, saya juga berharap pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) segera turun untuk meneliti lebih lanjut,” terangnya.

Lebih lanjut, Tamyis mengomentari lebih jauh soal temuan tumpukan bata kuno tersebut. Bahwa Saat ini, temuan bata kuno itu sementara telah dipagar polisline dan di beri bendera merah putih.

“Kalau lokasinya itu (penemuan), sekitar empat sampai lima meter dari Makam Mbah Buyut Piyak (sesepuh desa). Soal asal-usulnya, dari kerajaan mana, biar nanti diteliti sama yang lebih paham dan berwenang. Beberapa aktivis pemerhati budaya sudah melihat ke lokasi secara langsung,” tutup Tamyis.(F2)

banner-728