Begini Gubukanti Gresik Memaknai Sebuah Keris !!

80
- Advertisement ARTICLE TOP -banner-728

Gresik,Kabardesaku.my.id – Keris : “Sinengker lan aris,” Sinengker artinya Rahasia atau Tersembunyi, Aris berarti Lemah lembut, bijak, kebijakan, atau Nilai.

Secara keseluruhan bermakna ada Nilai Kebijakan yang tersembunyi di dalam Keris itu sendiri. Apa itu?

Setidaknya maknai otentik serta filosofi pada Dhapur dan Pamor Keris memberikan pelajaran pedoman hidup bagi masyarakat Nusantara untuk bisa bersikap dan bertingkah laku bagi sesama manusia maupun terhadap Alam bahkan terhadap Tuhannya (sang pencipta).

Keris tidak sekedar senjata tikam saja, Keris tidak sekedar piyandel (bahasa jawa),(dipercayai) sebagai pembangkit sugesti diri saja, Namun lebih jauh Keris ibarat Ayat yang harus dibaca, diresapi nilainya dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari sebagai masyarakat Nusantara, apapun Agamanya.

ARTICLE INLINE ADbanner-728

Keris adalah identitas sikap hidup Masyarakat Nusantara. Mengapa identitas?

Karena menjadi pembeda bagi manusia lainnya, Apapun Agamanya, karena nilai2 yang terkandung di dalam Semiotika dan falsafati Keris adalah nilai2 Universal. yang menembus lintas batas, tanpa sekat, Apapun sukunya, apapun Agamanya dan Apapun kedudukannya.

Keris seharusnya juga bisa menjadi perekat dan pemersatu Bangsa kita, Menjadi nilai spirit (semangat) kebangkitan dan kejayaan masyarakat Nusantara karena Keris adalah Nilai sebuah Value. (Mr)

 

Jayalah selalu Tosan Aji Nusantara!!! Gubukanti Gresik : Makhzunul R.

banner-728