Peringati Hari Santri Nasional, PAC GP Ansor Karanggeneng Adakan Pelatihan Jurnalistik

114
- Advertisement ARTICLE TOP -banner-728

Lamongan, Kabardesaku.my.id – Dalam rangka memperingati hari santri nasional 2021 PAC GP. ANSOR Karanggeneng menggelar pelatihan jurnalistik dan kepenulisan. Di mulai dari pukul 13.00-17.15 wib, Bertempat di SMP 45 Latukan Kecamatan Karanggeng Lamongan, Yang dihadiri pemuda pemudi ansor dan kaum millennial dan ada juga yang berasal dari tim media. Minggu (17/10/2021)

Dua sesi narasumber yaitu sesi pertama materi tentang wartawan oleh Safari Ranud seorang wartawan Indonesia yang tergabung dalam persatuan wartawan Indonesia yang dikenal di stasiun televisi indosiar serta SCTV, Kemudian yang kedua yaitu narasumber dari bidang kepenulisan Mahrus Ali seorang penggiat sastra, Sudah banyak karya-karya yang sudah ia tulis.

Para peserta pelatihan jurnalistik dan kepenulisan ini memperoleh materi mengenal wawancara dalam jurnalistik dan menulis kreatif.

Ketua PAC Ansor Karanggeneng, Hadi Santoso, Mengatakan kegiatan peringatan hari santri 2021 itu dimulai dengan kegiatan pelatihan jurnalistik dan kepenulisan, diharapkan nanti ada tindak lanjut untuk pembuatan media sendiri oleh gerakan pemuda ansor.

ARTICLE INLINE ADbanner-728

“Dari media yang dihasilkan itu nanti diharapkan mampu menampung aspirasi atau hasil-hasil karya tulisan dari anggota ansor ataupun fatayat NU serta IPNU dll yang ada di karanggeneng,” kata Hadi Santoso saat memberikan sambutan.

Safari Ranud W (wartawan) memaparkan materi saat pelatihan jurnalistik dan kepenulisan di SMP 45 Latukan,
Menurut dia, di dalam media jurnalistik itu memang terkadang gampang-gampang susah apalagi sekarang itu media medsos sudah merajalela, Banyak media-media menyaingi media mainstream. Sekarang semua orang bisa membuat media online, kalau TV jarang tidak ada yang bisa.

“Wartawan itu kan menyampaikan informasi kepada masyarakat, wartawan itu ada medianya. Soal Media ini sudah diatur dalam undang-undang pers No.40 tahun 1999,” kata Safari.

Safari menyampaikan beberapa hal mengenai wartawan yang meliputi model wawancara, jenis-jenis wawancara hingga pada bagaimana Teknik-teknik dalam wawancara itu sendiri. Semuanya di ulas dalam satu presentasi yang menarik dan komunikatif antar audience.

Mahrus Ali (Penulis) memaparkan materi saat pelatihan jurnalistik dan kepenulisan di SMP 45 Latukan, Menurut dia, tugas seseorang dalam menulis hanya satu yaitu tulis. Tidak perlu kebanyakan teori karena teori sudah ada di kelas-kelas dan disekolahan mulai dari TK. Beliau berproses menulis dimulai sejak Madrasah Aliyah atau SMA.

“Tidak ada tulisan jelek, tidak ada tulisan buruk, yang ada tulisan yang dibaca. Selama saya menulis mulai artikel, puisi, cerpen dan lain sebagainya, yang paling penting adalah tinggalkan banyak pertanyaan,” kata Mahrus.

Dalam pemaparan materi terkait kepenulisan, Mahrus menyampaikan bahwa sebelum terjun ke dunia menulis kreatif, seseorang harus memiliki modal penting seperti : memiliki Hasrat kuat untuk menulis, harus banyak membaca untuk memperkaya cerita, mau membuka diri untuk belajar dari penulis lain dan sebagainya. (lintang)

banner-728