Sekolah Perangkat Desa, Kelas KAUR, Ini Pesan Ketua PPDI Kecamatan Babat

75
- Advertisement ARTICLE TOP -banner-728

Lamongan, Kabardesaki.my.id  – Bertempat di Balai Desa Datinawong, Telah dilaksanakan Sekolah perangkat Desa. Kelas Kepala Urusan (Kaur) yang di ikuti oleh Kaur sekecamatan babat. Ini merupakan kegiatan sekolah perangkat desa yang ketiga, Setelah kelas KASUN dan KASI yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Sekolah perangkat desa kelas kaur ini diikuti oleh seluruh kaur (Kepala Urusan) dan sebagian Kasi dan kasun yang berhalangan hadir di pertemuan sebelumnya.

Kegiatan ini berlangsung dimulai dengan sambutan kepala Desa Datinawong, Dilanjut ketua PPDI Lamongan, dan juga sambutan Bapak Sekcam babat yang mewakili Camat Babat yang berhalangan hadir untuk membuka acara, Kamis (18/11/2021).

Narasumber pada pertemuan itu adalah Yakin, Kasi pemerintahan Kecamatan babat Dan Moh. Mukhlish, S.Pd. M.Si, yang merupakan tenaga Ahli (TA) Kabupaten Lamongan, Serta perwakilan dari Dinas PMD.

ARTICLE INLINE ADbanner-728

Kasi Pemerintahan, Kecamatan Babat, Yakin menyampaikan terkait tugas pokok dan Fungsi dari Perangkat desa pada umumnya dan kaur khususnya, Sesuai dengan perbup Lamongan Nomer 20 tahun 2017.

Sedangkan bapak Mukhlish menyampaikan tentang Bagaimana pentingnya peningkatan kapasitas perangkat desa dan khusunya kaur yang harus menyesuaikan dengan tugas yang semakin berat. Dan semakin besarnya tuntutan masyarakat serta dengan kecanggihan era saat ini.

Sedikit mengutip pesan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, mendorong perangkat desa memiliki kemampuan intelektual yang mencukupi sehingga dapat menjalankan manajemen pemerintahan secara profesional. PPDI Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah yang terdekat dengan masyarakat desa, harus dapat berperan penting dalam mewujudkan pemerataan pembangunan nasional.

Hal ini sesuai dengan visi Bapak Presiden, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. Pinggiran ini bukan hanya daerah perbatasan, tapi juga daerah-daerah atau wilayah pedesaan, ujar mendagri saat itu.

Sementara itu di kesempatan yang sama Ketua PPDI Kecamatan babat, Muhammad Idris Asy Syafi’i menyampaikan pada awak media bahwa, “Kegiatan ini sangat penting bagi saya sebagai ketua PPDI Kecamatan babat, Karena Kesejahteraan perangkat desa sudah mulai diperhatikan. Contohnya, Setiap ada pembukaan perangkat desa, akhir akhir ini banyak sekali peminatnya yang daftar, Oleh karena itu, wajib hukumnya kita bersyukur. Harapan saya yaitu dengan adanya sekolah ini dapat meningkatkan kapasitas dan kinerja sebagai perangkat desa, dan saya selaku ketua PPDI Kecamatan babat, merasa juga wajib meningkatkan kapasitas semua anggota saya,” Terangnya.

Menjadi tantangan tersendiri bagi PPDI kedepan dan sebagai satu pembuktian bahwa PPDI layak menjadi satu-satunya organisasi profesi dan rumah besar bagi perangkat desa diseluruh penjuru negeri.(F2)

banner-728