Unitomo Selenggarakan TOT Penguji dan Calon Administrator Lembaga UKW

80
- Advertisement ARTICLE TOP -banner-728

Selenggarakan Training of Trainee (TOT), Penguji dan calon Administrator Lembaga UKW Pertama di Jatim

Kabardesaku.my.id – Perguruan Tinggi di Provinsi Jawa Timur yang siap menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ialah Universitas Dr Sutomo (Unitomo) Surabaya. Universitas ini menjadi satu-satunya dan yang pertama di jawa timur.

Training of Trainee (TOT) bagi calon Penguji dan calon Administrator Lembaga UKW Unitomo ini diselenggarakan di Hotel Ibis Style Surabaya, Sabtu (11/12/2021).

“Dewan Pers mengapresiasi kegiatan ini. Unitomo Surabaya termasuk Lembaga UKW Dewan Pers yang aktif,” ujar Jamalul Insan, Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan & Pengembangan Profesi Pers, Dewan Pers yang hadir dan sekaligus menjadi pemateri pada TOT tersebut.

ARTICLE INLINE ADbanner-728

Dikatakan lebih lanjut, Lembaga UKW Dewan Pers berjumlah 30 lembaga. Namun hanya 18 lembaga yang aktif. “Dengan kegiatan ini berarti Unitomo termasuk yang aktif. Mudah-mudahan berkelanjutan, menyelenggarakan UKW,” ujarnya.

Sebelumnya, Verifikasi universitas Unitomo Surabaya sebagai lembaga UKW Dewan Pers, Ketua Dewan Pers Prof.DR M.Nuh menyatakan rasa senangnya karena Unitomo memenuhi syarat dan turut membantu penyelenggaraan UKW. “Mengurangi antrian panjang wartawan yang ingin ikut UKW. Karena sangat banyak wartawan ingin ikut UKW,” katanya.

Hal senada dikatakan Rektor Unitomo Surabaya, Dr Siti Marwiyah SH, MH saat kegiatan menyatakan kesiapannya untuk menjadi Lembaga UKW aktif Dewan Pers, “Kami siap aktif, di kampus kami banyak tenaga professional dan selanjutnya dibantu para peserta TOT ini,” ujarnya saat membuka TOT kemarin.

Tambah, Siti Marwiyah, penyelenggaraan UKW nanti tidak hanya di Surabaya dan sekitarnya tetapi bisa di berbagai wilayah di Indonesia, “Bisa menggunakan jaringan kami (Unitomo) dan lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu Eko Pamuji, Direktur Lembaga UKW Unitomo dalam laporannya menyampaikan, ada 11 peserta calon penguji Lembaga UKW Unitomo yang mengikuti ToT saat ini. Selain itu juga ada 6 peserta calon administrator Lembaga UKW Unitomo, yang terdiri dari karyawan dan dosen Unitomo.

Masing-masing untuk Calon Penguji UKW adalah : Arief Sosiawan (Pimred Harian Memorandum), Mokhammad Kaiyis (Pimred Harian Duta Masyarakat), Syaiful Anam (Pimred Jatim Pos), Sokip (Pimred Petisi), Wijayanto (Pimred Radar Surabaya), M. Aminun Jabir (Ketua PWI Tulungagung), Kundari Pri Susanti (Ketua PWI Ngawi).

Juga Wartawan senior Ferry Is Mirza (PWI Jatim), D. Wahjoe Harjanto (PWI Jatim), Eko Nurcahyo (Malang) dan Sunarvip Ra Indrata (Malang).

Sedangkan tenaga administrasi masing-masing : Zulaikha (Dosen Fikom Unitomo), Iwan Joko Prasetyo (Dosen Fikom Unitomo) Farida (Dosen Fikom Unitomo), Didik Sugeng Widiyarto (Dosen Fikom Unitomo) Nur’annafi Farni Syam Maella (Dosen Fikom Unitomo) dan Jajag Mintorogo (Tata Usaha).

Sedangkan, Pemateri TOT selain Jamalul Insan dari Dewan Pers, juga disampaikan H. Djoko Tetuko (Wartawan Utama/Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim) dan Mahmud Suhermono (Wartawan Utama/Dosen Unitomo). (JP/Jmsi)

banner-728